Isnin, 17 Julai 2017

Semakin Besar Ukuran RAM,Maka Komputer Akan Semakin Cepat. Mitos atau Fakta?

 
 Banyak yang beranggapan bahwa,semakin besar ukuran RAM,maka akan semakin cepat pula kinerja komputer kita. Banyak yang mengupgrade RAM mereka karena mereka memiliki keluhan komputernya lambat..

Untuk kasus yang ini,Admin akan jelaskan apakah benar bahwa semakin besar ukuran RAM maka komputer semakin cepat.


Mitos atau Fakta?


Pada dasarnya,RAM komputer berfungsi sebagai alat penyimpan data sementara yang digunakan ketika komputer sedang hidup.

Untuk menjawab pertanyaan ini,Admin akan berikan beberapa pertimbangan.


Penggunaan Rutin


Maksudnya untuk apa saja kegiatan yang dilakukan dikomputer sehari-hari,karena ada macam-macam tipe pengguna komputer. Ada yang menggunakan untuk kerja berat seperti editing,juga multitasking. Ada juga untuk kerja santai,seperti browsing

Model Arsitektur Processor

Ada dua jenis arsitektur processor. yaitu tipe 32 bit dan 64 bit. Tipe 64 bit mampu membaca RAM hingga 100 GB lebih.. sedangkan tipe 32 bit hanya bisa membaca maksimal 4 GB. Artinya jika Kalian mengupgrade RAM walaupun hingga 8 GB namun processornya tipe 32 bit,maka yang terbaca dan terpakai hanya 4 GB.


Kecepatan

Ini adalah pertimbangan yang paling menentukan. Karena bertambah cepat atau tidaknya sebuah komputer setelah upgrade RAM adalah sangat dipengaruhi oleh kecepatan RAM.
Contohnya begini. Ketika Kalian memiliki RAM 2 GB yang berkecepatan 1600 MHz kemudian Kalian menggantinya menjadi RAM 4 GB yang hanya berkecapatan 1333 MHz. Itu artinya,bukannya komputer akan semakin cepat,tapi malah semakin lambat.


Kesimpulan:

Menambah RAM pada komputer memang benar bisa menambah kecepatan komputer. Tapi tidak sepenuhnya benar. Karena kembali lagi ke pertimbangan diatas.. Terutama dari kecepatan RAM.
Begitu sekiranya yang bisa Admin bagikan.
Semoga bermanfaat :)
http://www.tipstek.com/2016/02/semakin-besar-ukuran-ram-semakin-cepat.html

Label:

0 Ulasan:

Catat Ulasan

Langgan Catat Ulasan [Atom]

<< Laman utama